Wisata Situ Gintung

By | September 15, 2013

Situ Gintung yaitu danau kecil buatan yang terdapat di  Provinsi Banten, tepatnya Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Lokasi danau ini ada di sebelah sebelah barat daya kota Jakarta. Danau Situ Gintung ini memiliki luas  sekitar 21,4 ha ( 2008 ) ini sudah beralih fungsi, digunakan sebagai obyek wisata taman.

Danau Situ Gintung

Danau Situ Gintung

Funsgi Awal Situ Gintung

Awal pembentukan situ ( danau ) ini yaitu sbg waduk yang berperan sbg area penampungan air hujan dan utk perairan ladang pertanian di sekelilingnya, Danau Situ gintung ini di buat pada th. 1932-1933 yang mana awal mulnya memiliki luas 31 ha. Kapasitas penyimpanannya meraih 2, 1 juta meter kubik. Situ ini merupakan bagian dari Tempat Aliran Ci Sadane yang merupakan satu diantara sungai utama Propinsi Banten dan Jawa Barat. Sumber air berasal dari Gunung Salak dan juga Gunung Pangrango di ( gunung yang ada di Kabupaten Bogor, sebelah selatan Kabupaten Tangerang ) yang mana mengalir ke Laut Jawa. Panjang sungai ini kira-kira 80 km dan bendungan aliran Kali Pesanggrahan. Persis di tengah situ ada sebuah pulau kecil yang menyambung hingga ke pinggir daratan seluas lebih kurang 1,5 ha yang bernama Pulau Situ Gintungdan tedapat hutan tanaman yang ada sekitarnya.

Wisata Alam Situ Gintung

Sejak th. 1970-an lokasi pulau dan salah satu sisi tepian Situ Gintung digunakan sbg obyek wisata alam dan perairan di mana ada restoran, kolam renang, dan outbond. Terhitung th. 2011 situ gintung beralih nama jadi bendungan gintung ( cocok dengan PP no. 37 perihal bendungan th. 2010 ).

Bencana Situ Gintung

Bencana Situ Gintung

Bencana Situ Gintung

Pada tanggal 27 Maret 2009 awal hari, lokasi Situ Gintung alami hujan deras yang mengakibatkan pihak keamanan berikan peringatan bahaya banjir lebih kurang jam 02. 00. Tetapi demikianlah, tak ada tindakan lanjut pengamanan, sampai berlangsung kebobolan tanggul selebar 30 m dan dengan ketinggian 6 m pada lebih kurang jam 04. 00 WIB dan lebih kurang 2, 1 juta mtr. kubik air menempa pemukiman yang terdapat dibawah tanggul.

Korban meninggal sekurang-kurangnya 99 orang dan diperkirakan catatan ini tetap dapat beralih. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla berkunjung ke area bencana pada siang hari dan berjanji dapat secepat-cepatnya lakukan renovasi. Bencana ini juga bikin Gubernur DKI Jakarta pada masa itu (tahun 2009), Fauzi Bowo, memerintahkan kontrol lagi seluruh bangunan pengatur air di lokasi DKI Jakarta.

 

Incoming search terms:

alamat danau situ gintung,bendungan situ gintung dki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *